Halaman


Prabowo Subianto For Presiden

Sabtu, 22 September 2012

MUHTADI MUNTAHA; DINAS BERTANGGUNGJAWAB ATAS KEBIASAAN BUANG SAMPAH SEMBARANGAN


H. Muhtadi Muntaha, Lc anggota DPRD Kabupaten Bekasi dari Partai Amanat Nasional (PAN), mengatakan bahwa menjamurnya tempat pembuangan sampah (TPS) liar yang berada tepat di pinggir jalan di sejumlah wilayah Kabupaten Bekasi. "Dinas Kebersihan, Pertamanan dan Pemadam Kebakaran Kabupaten Bekasi paling bertanggungjawab apabila ada warga perumahan yang membuang sampah di sembarang tempat," katanya.
 
Menurut Muhtadi, laju pertumbuhan penduduk di wilayah Kabupaten Bekasi, serta bertambahnya perumahan bak jamur di musim hujan, menyebabkan meningkatnya volume sampah rumah tangga yang dihasilkan. Hal itu kata dia,  disebabkan minimnya TPS yang disediakan oleh Dinas Kebersihan, Pertamanan dan Pemadam Kebakaran. 
 
Ditegaskan, para pengembang perumahan juga turut bertanggungjawab, karena membiarkan hal itu terjadi. “Boss developer jangan hanya berorientasi keruk untung gede tapi bermental perusak lingkungan,” tegasnya.
Muhtadi Muntaha meminta agar Kepala Dinas Kebersihan, Pertamanan dan Pemadam Kebakaran Kabupaten Bekasi agar senantiasa melihat langsung penumpukan sampah yang ada di wilayah Kabupaten Bekasi. “Jangan hanya mendengar laporan dari anak buahnya saja,” tegas angggota dewan yang terkenal vokal ini .  
 
Kepala Seksi Jalan dan Lingkungan pada Bidang Kebersihan Dinas Kebersihan, Pertamanan dan Pemadam Kebakaran Kabupaten Bekasi, Alfian, ketika dikonfirmasi melalui telepon selullarnya mengatakan, itu adalah tanggungjawab para Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Kebersihan yang ada di Kabupaten Bekasi. “Kalau sampah yang ada di wilayah, Itu tanggungjawab setiap UPTD Kebersihan, bukan Dinas. Sudah ada tugas masing-masing,” kilahnya.
 
Diakui Alfian, Dinas Kebersihan, Pertamanan dan Pemadam Kebakaran, masih kekurangan armada untuk mengangkut sampah. namun mengenai sampah di wilayah tetap tanggungjawab UPTD Kebersihan di setiap wilayah. 
 
Kepala Dinas Kebersihan, pertamanan dan Pemadam  Kebakaran, Farid Setiawan yang ditemui wartawan, Jum’at (21/9)  disela pembukaan Pekan Raya Kabupaten Bekasi berjanji akan segera melakukan koordinasi dengan para Kepala UPTD Kebersihan di wilayah agar segera mengangkut sampah yang ada di wilayahnya masing-masing.
 
Sejumlah Camat yang ditemui mengatakan, pihaknya sudah mengusulkan penambahan armada pengangkut sampah agar dapat mengcover pembuangan sampah di wilayahnya masing-masing. “Kita sudah usulkan bahkan sudah dibahas dengan dewan,” kata salah satu Camat yang enggan disebut namanya. 
 
Seperti diketahui, penumpukan di sejumlah ruas jalan yang ada di wilayah Kabupaten Bekasi seperti Jalan Inspeksi Kalimalang, Cikarang Utara, Jalan Desa Simpangan Cikarang Utara, di Jalan Desa Sriamur, Tambun Utara, Jalan  Raya  Perjuangan, Kebalen Kecamatan Babelan dan lainnya menyebabkan pemandangan dan bau yang tidak sedap.  (bd)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar