Halaman


Prabowo Subianto For Presiden

Jumat, 21 September 2012

JALUR KHUSUS TRANSJAKARTA TAK PUNYA DAMPAK KE PENUMPANG APTB

Diperbolehkannya armada Angkutan Perbatasan Terintegrasi Busway (APTB) Bekasi-Pulogadung dengan jalur khusus Transjakarta di wilayah Jakarta nyatanya tak berdampak signifikan pada peningkatan jumlah penumpang. "Pada Selasa (18/9), APTB hanya beroperasi pukul 12.00 WIB sampai 15.30 WIB sebanyak delapan armada. Penumpang yang diangkut sebanyak delapan orang," katanya (21/9).

Sejumlah APTB dari Terminal Induk Kota Bekasi masih ada yang melaju tanpa penumpang. Petugas loket APTB di Terminal Induk Kota Bekasi, Tyas, menyebutkan, jumlah penumpang dalam sepekan ini hampir tidak terlalu berbeda dengan pekan-pekan sebelumnya.

Tyas pun memerinci, pada Senin (17/9), yang juga merupakan hari pertama APTB diperbolehkan masuk ke jalur Transjakarta, penumpang yang terangkut dari Terminal Induk Kota Bekasi hanya 21 orang. Jumlah penumpang jauh lebih sedikit daripada armada yang dioperasikan sejak pukul 5.00 WIB hingga 18.00 WIB, yakni sebanyak 23 unit.

Sehari kemudian, Rabu (19/9), APTB yang beroperasi pada pukul 5.00 WIB sampai 12.00 WIB mengangkut 28 penumpang. Sementara pada Jumat (21/9), penumpang yang diangkut pada pukul 5.00 WIB sampai 10.00 WIB sebanyak 35 orang. "Hari ini memang agak ramai. Namun ramai pun tak sampai memenuhi bus yang berangkat. Paling banyak enam penumpang," katanya.

Izin APTB masuk jalur Transjakarta dikeluarkan oleh Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta Udar Pristono pekan lalu. Kebijakan ini diharapkannya mampu merangsang penambahan jumlah penumpang. (*).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar