Halaman


Prabowo Subianto For Presiden

Senin, 17 September 2012

ARIS MERDEKA SIRAIT YAKIN PENCULIK BAYI NY. SYIFA SINDIKAT PERDAGANGAN ANAK

Ketua Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas PA), Arist Merdeka Sirait, menyatakan bahwa penculikan anak Ny. Syifa di Rumah Sakit Ibu dan anak (RSIA) Siti Zachro dilakukan sindikat perdagangan Bayi. Penculikan bayi berusia 4 tahun atas nama Cello Aditya di Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Siti Zahroh, Tambun, Bekasi, Jawa Barat, sementara ini diduga dilakukan sindikat perdagangan bayi untuk sementara, sebelum kepolisian berhasil mengungkap kasus tersebut.

Hal tersebut dikatakan Aris saat melakukan testimony di Kantor Komnas PA, Jl TB Simatupang, Pasar Rebo, Jakarta Timur, Senin (17/9/2012) siang. "Saya yakin ini sindikat perdagangan bayi. Pasalnya modusnya memang demikian, dengan memanfaatkan tenaga medis rumah sakit," katanya.

Berdasarkan keterangan pasangan suami istri yang menjadi korban, yaitu Jaja Nurdiansyah (31) dan Syifah Maisyatul (20), aksi penculikan bayinya tersebut dilakukan oleh seorang wanita berpakaian perawat berwarna putih. Saat itu, pelaku mengambil Cello dari gendongan Ibu Ucit, seorang ibu yang dititipi Syifah saat pemulihan.

Komnas PA mencatat sepanjang tahun 2012 terjadi 36 kasus penculikan bayi di Indonesia. Dikatakan Aris Merdeka Sirait, sebagian besar tempat penculikan terjadi di rumah sakit, puskesmas atau klinik. Ironisnya, aksi tersebut bekerja sama dengan tenaga medis rumah sakit. Sementara sisanya terjadi di sekolah, rumah tempat tinggal dan tempat bermain anak.

Pihak aktivis anak berjanji akan mengawal kasus tersebut hingga membuahkan hasil positif. "Kan kasus ini sudah ditangani oleh polisi. Kita lihat kasus ini sampai sejauh apa. Kita akan mengawal terus kasus ini, sampai ada hasilnya," janji Arist.

Sebelumnya, Syifah yang merupakan warga Cikarang Barat, Bekasi Jawa Barat, melahirkan di Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Siti Zahroh, Tambun, Bekasi, Jawa Barat, pada Rabu (12/9/2012) pagi. Pada Sabtu (15/9/2012) siang, saat persiapan pulang, Syifah menitipkan bayinya ke seorang ibu bernama Ucit, karena ingin ke kamar mandi.

Ketika kembali, Bu Ucit mengaku bayi berusia 4 hari itu dibawa oleh perawat. Namun setelah itu, pihak rumah sakit mengaku Cello hilang dari ruang rawat bayi. Syifah dan suaminya pun melaporkan hal tersebut ke Polresta Bekasi di Unit Perlindungan Perempuan dan Anak. (Coen).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar