Halaman


Prabowo Subianto For Presiden

Jumat, 26 Agustus 2011

PEMUDIK JALUR PANTURA LEWAT BEKASI TERUS MENINGKAT


Jumlah pemudik Lebaran 2011 dari arah Kota Bekasi yang menggunakan mobil atau sepeda motor pribadi terus bertambah. Pemudik memilih kendaraan pribadi karena dianggap praktis biarpun berisiko terkena kemacetan atau kecelakaan.

Berdasarkan data dari Pos Pengamanan Khusus Lalu Lintas Operasi Ketupat Jaya Kota Bekasi di Jalan Hasibuan, pada Selasa (23/8) melintas 4.400 sepeda motor dan 300 mobil pemudik Lebaran. Jumlah itu melonjak tajam menjadi 24.900 sepeda motor dan 650 mobil pada hari berikutnya atau Rabu (24/8/2011).

"Naik kendaraan pribadi itu praktis karena dari rumah langsung sampai ke rumah tujuan di kampung alias tidak repot naik turun angkutan. Namun, pasti capek dan risiko kena macet dan kecelakaan," kata Supriyadi (40), pemudik dengan sepeda motor dari Jakarta tujuan Purwokerto, Jumat (25/8/2011).

Satuan Lalu Lintas Kepolisian Resor Kota Bekasi Kota mengimbau para pemudik terutama yang memakai sepeda motor untuk berhati-hati dan mentaati rambu lalu lintas agar terhindar dari kecelakaan.

Dalam dua hari yakni Selasa-Rabu, tercatat 3 orang terluka berat akibat sepeda motor menabrak truk dan pejalan kaki. Kenaikan jumlah pemudik berkendaraan pribadi ternyata berkebalikan dengan jumlah pemudik yang memakai angkutan umum.

Di Terminal Induk Kota Bekasi tercatat 4.600 penumpang berangkat pada Selasa (H-7 Lebaran) dan 5.500 penumpang pada Rabu (H-6). Jumlah itu turun dibandingkan dengan kondisi tahun lalu yang 3.900 penumpang berangkat pada H-7 dan 8.400 pada H-6.

Penurunan juga dialami oleh angkutan umum kereta api. Pada H-7 tercatat 630 penumpang berangkat dari Stasiun Bekasi naik KA kelas ekonomi. Pada H-6 tercatat 640 penumpang. Jumlah itu anjlok dibandingkan dengan tahun lalu yakni 2.000 penumpang berangkat pada H-7 dan 2.420 penumpang pada H-6.

"Penurunan jumlah penumpang kereta api karena kami menerapkan kebijakan tidak boleh lagi ada desak-desakan sehingga daya angkut jelas menurun," kata Wakil Kepala Stasiun Bekasi Dwi Effendi. (Don)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar