Halaman


Prabowo Subianto For Presiden

Jumat, 07 September 2012

SOAL LH, BUPATI BEKASI BERHARAP PERAN PERUSAHAAN DALAM OPTIMALISASI CSR

Bupati Bekasi, Neneng Hasanah Yasin, impian untuk mendapatkan penghargaan bidang lingkungan hidup/Adipura merupakan harapan besar masyarakat kabupaten Bekasi. Pemerintah Kabupaten Bekasi nampaknya masih berangan-angan untuk meraih penghargaan Adipura.

Sedangkan dalam meraih penghargaan Adipura pada masa roda pemerintahan, dikatakannya, hal itu masih terlampau jauh. Neneng pun menyadari bahwa masih banyaknya kekurangan dalam bidang hal lingkungan hidup yang perlu dibenahi oleh seluruh masyarakat kabupaten Bekasi.

Pasalnya untuk meraih penghargaan dalam bidang lingkungan hidup itu, kabupaten Bekasi masih terganjal beberapa faktor yang masih krusial. Salah satunya dalam bidang kebersihan lingkungan yang belum juga menemukan jalan keluar agar kabupaten Bekasi menjadi wilayah yang bersih.

Selain itu, menurutnya, anggaran kebersihan diakuinya masih minim sekali, yakni sekitar Rp 300 juta hingga Rp 400 juta dalam satu tahun anggaran. “Saya pikir semua kabupaten dan kota mempunyai keinginan yang sama untuk meraih penghargaan Adipura, kita upayakan semaksimal mungkin," kata Neneng di Kompleks Perkantoran Pemerintahan Kabupaten Bekasi, Desa Sukamahi Kecamatan Cikarang Pusat, Jumat (7/9).

Diterangkannya, beberapa waktu lalu pejabat dilingkungan pemerintah kabupaten Bekasi sempat membicarakan berbagai persoalan mengenai lingkungan. Dana dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Bekasi masih minim.

Neneng Yasin saat ditanya mengenai upaya rehabilitasi lingkungan yang saat ini luas areal ruang terbuka hijau (RTH) agak pesimis dengan semakin menyusut areal tersebut akibat berdirinya pabrik-pabrik. “Ceritanya kita saat ini lagi bermimpi dulu supaya Kabupaten Bekasi ini bisa lebih hijau lagi. Tapi belum tahu pada akhirnya apakah bisa betul-betul terwujud atau tidak?” katanya.

Dirinya sangat berharap pada optimalisasi Corporate Social Responsibility(CSR)  untuk rehabilitasi RTH yang ada di kabupaten Bekasi. Pihaknya saat ini mengharapkan kepedulian sosial perusahaan salah satunya dari Bank Jabar Banten (BJB) Kabupaten Bekasi yang telah menyanggupi membangun areal pertamanan di beberapa titik di Kabupaten Bekasi.

Saat disinggung mengenai fokus pembangunan di wilayah Kabupaten Bekasi, Neneng menuturkan, pada tahun 2013-2014 ini pihaknya akan fokus pada pembangunan dan perbaikan infrastruktur, temasuk perbaikan jalan yang menyedot anggaran milyaran hingga triliunan rupiah. "Kita akan fokuskan untuk pembangunan infrastruktur. Nantinya, pembangunan jalan-jalan lingkungan yang menghubungkan antara gang satu dengan gang lainnya akan dikurangi. Kita akan fokuskan untuk pembangunan jalan yang menghubungkan antar kecamatan,” katanya. (Coen).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar