Halaman


Prabowo Subianto For Presiden

Senin, 21 Juni 2010

DINAS PERINDAGKOP KOTA BEKASI LAMPAUI TARGET


Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) Kota Bekasi lampaui pendapatan dari retribusi Hinder Ordonantie (HO) sebesar 103% pada akhir bulan Mei 2010. Disampaikan oleh kepala seksi Bina usaha disperindagkop Kota Bekasi, Herbert Panjaitan, saat ditemui di ruang kerjanya. Sedangkan target pemasukan dari izin HO di disperindag besarnya adalah Rp. 633 juta.

Namun sayang dari prestasi mencapai target yang disampaikan dalam proyeksi tahun 2010 disperindagkop tersebut, sampai saat ini belum ada laporan pencapaian pemasukan daerah dari izin HO ditingkat Kecamatan se Kota Bekasi. Padahal besarnya lumayan sekali dari prosentase kewajiban, yaitu, 30% untuk besaran kecamatan dan 70% menjadi kewajiban dinas. Kasie Bina Usaha disperindagkop berharap agar 12 kecamatan se-Kota Bekasi menyampaikan laporan berkaitan pemasukan dari pajak HO masing-masing.

Capaian pada tahun 2010 sendiri merupakan hasil diberlakukannya perda HO perubahan yang baru sesuai lembaran daerah Kota Bekasi Nomor 14 seri C tahun 2009. Dalam perda perubahan diatur perhitungan untuk 100 meter pertama (di bawah 100 meter) adalah Rp. 500 ddengan pengalian indeks jalan dan gangguan. Pada peraturan sebelumnya hanya Rp. 200 untuk 100 meter pertama.

Sedangkan kalkulasi untuk diatas 100 meter dikenakan biaya Rp. 350 dikalikan indeks jalan dan gangguan. "Saya bangga dinas kami berhasil menelurkan perda dan sekaligus membuktikan capaian pelayanan dengan besarnya pemasukan dari sektor HO." jelas Herbert.

Target keseluruhan pendapatan pada tahun 2009 sendiri sebesar Rp. 873 juta. Sedangkan target tahun 2010 sendiri besarnya lebih dari Rp. 900 juta. Ketika ditanya penetapan target, Herbert meminta wartawan untuk menanyakan langsung dinas yang menetapkan, yaitu, dinas Pendapatan, pengelolaan Keuangan dan Aset daerah (DPPKAD).

Disperindagkop meminta komitmen pihak kecamatan untuk segera melaporkan hasil retribusi HO yang seharusnya dilakukan per bulan. "Sampai dengan pertengahan Juni 2010 belum ada laporan." terangnya. Don.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar