Kamis, 05 Juli 2012
Sistem Manajemen Kinerja (SIMAK) BPK RI
Latar Belakang SIMAK Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Republik Indonesia (RI); BPK RI telah memiliki Rencana Strategis (Renstra) 2011 – 2015 yang telah dijabarkan ke dalam suatu dokumen Rencana Implementasi RENSTRA. Untuk adpat memonitor pencapaian RENSTRA BPK RI tersebut, telah dikembangkan suatu Sistem Manajemen Kenerja (SIMAK) BPK RI dan telah mulai diimplementasikan pada tahun 2008.
SIMAK BPK RI merupakan suatu aplikasi intranet berbasis web yang bertujuan untuk mewujudkan BPK RI menjadi suatu organisasi yang fokus terhadap strategi (strategic focused organization). SIMAK BPK RI digunakan sebagai instrumen untuk memonitor, mengukur, menilai kinerja seluruh satuan kerja (Eselon I dan II) di lungkungan BPK RI dengan menggunakan pendekatan balanced scorecard. Implementasi SIMAK BPK RI diharapkan dapat mewujudkan perubahan di lingkungan BPK RI melalui: “New BPK: Leading by Example”.
Visi dan Misi BPK RI, VISI; Menjadi lembaga pemeriksa keuangan negara yang kredibel dengan menjunjung tinggi nilai-nilai dasar untuk berperan aktif dalam mendorong terwujudnya tata kelola keuangan negara yang akuntabel dan transparan.
MISI, pertama, Memeriksa pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara. Kedua, Memberikan pendapat untuk meningkatkan mutu pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara. Ketiga, Berperan aktif dalam menemukan dan mencegah segala bentuk penyalahgunaan dan penyelewengan keuangan negara.
Kontak Direktorat Utama Perencanaan, Evaluasi, Pengembangan, dan Pendidikan dan Pelatihan, direktorat Perencanaan Strategis dan Manajemen Kinerja: Telp : (021) 25549000 ext3269/3271, Fax : (021) 5704369, dan Email : simak@bpk.go.id (bpk.go.id).
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar