Halaman


Prabowo Subianto For Presiden

Minggu, 11 Juli 2010

PEMBANGUNAN JALAN DIDUGA TAK SESUAI BESTEK


Proyek peningkatan jalan lingkungan (jaling) di Kampung Cempaka Rt. 005 Rw. 02 dan Rt. 006 Rw. yang sama, Desa Naga Cipta, Kecamatan Serang Baru diduga tak sesuai bestek. Peningkatan jalan yang menggunakan anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD)tahun 2010 itu dalam investigasi yang dilakukan oleh S ONe News, rigid-nya, berkualitas buruk dan diduga tidak adanya Lapisan Pondasi Bawah (LPB). Pembangunan jaling tersebut dikhawatirkan tidak ada kekuatan dan tidak akan tahan lama.

Anggaran untuk pembangunan jalan itu besarnya adalah Rp. 107.582.000. Spesifikasi pekerjaan jalan sendiri, volume panjang 200 meter, lebar 2,5 meter dan ketebalan seharusnya 20 centi meter. Proyek dengan nomor Surat Perintah Melaksanakan Kegiatan (SPMK) 602/ 1263/ SPMK/ DBMPSDA-BM/ V/ 2010. Menurut Endang yang memperhatikan pekerjaan jalan tersebut, pelaksanaannya tidak sesuai dengan Rencana Kegiatan Anggaran (RKA) yang seharusnya.

Endang melihat penyelewengan anggaran pekerjaan pembangunan jalan itu dapat berdampak pada tidak sesuainya target kekuatan fisik jalan. Anggaran yang telah ditetapkan, tidak dilaksanakan secara tekhnis oleh pelaksana kegiatan pembangunan jalan. Diragukan kemampuan fisik jalan akan memiliki kekuatan sesuai target waktu ketahanan fisik jalan.

Hal ini dapat dilihat dari tkhnis pengerjaan yang hanya memberi lapisan bees coast seenaknya sebanyak 1 rit mobil coalt diesel untuk pelapisan dasar sepanjang 200 meter. Selain itu juga tiadanya pemadatan sehingga kekuatan jalan yang akan terbangunpun meragukan dan tidak akan tahan lama.

"Saya berharap dinas Bina Marga dapat melakukan cek fisik atas pembangunan jalan agar tidak kecewa setelah seluruh pembangunan jalan diserah terimakan." imbuh Endang. (Edg).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar