Halaman


Prabowo Subianto For Presiden

Rabu, 14 April 2010

Waktu Pendaftaran Mendadak, Wali Murid Resah


Sejumlah wali murid resah dengan sikap pihak Sekolah SMPN yang memberlakukan sistem pendaftaran selama 5 hari, terhitung sejak tanggal 5 hingga 10 April mendatang.

Keresahan timbul, selain karena pelaksaan Ujian Nasional (UN) bagi siswa kelas 6 SDN belum dilaksanakan, juga karena waktu pendaftaran tidak disosialisasikan secara maksimal kepada para wali murid.

“Kontan saja saya sebagai wali murid kaget setelah mendengar kabar bahwa pendaftaran untuk masuk SMPN 1 tinggal dua hari lagi. Padahal pelaksaan UN anak saya belum dan baru pada bulan Mei mendatang UN dilaksanakan,” ujar Yeti bukan nama sebenarnya ketika ditemui.

Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Bekasi, Sutarman yang dikonfirmasi terkait keresahan para wali murid itu mengatakan, hal tersebut sudah ada dalam petunjuk tehnis yang ditetapkan.

Akan tetapi kata dia, pemberlakuan pendaftaran yang hanya tinggal esok hari itu diberlakukan bagi SMPN Rintisan Sekolah Berstandar Internaional (RSBI) dan bukan untuk seluruh SMPN. “Dikota Bekasi SMPN RSBI hanya ada dua, yakni SMN 1 dan SMPN 5.” katanya mengelak.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMPN 1 Kota Bekasi, Kusmayadi yang dihubungi mengatakan, perberlakuan pendaftaran lebih dulu disbanding sekolah lainnya itu, sudah sesuai dengan aturan yang ada.

Menurutnya, pemberlakuan itu sesuai dengan petunjuk tehnis yang diberikan Direktorat Pendidikan. "Jadi perberlakuan itu untuk RSBI seluruh Indonesia, bukan hanya di Kota Bekasi.” kilahnya.

Ditanya terkait keresahan wali murid akan tidak adanya sosialisasi terkait pendaftaran, Kusmayadi membantah hal itu. “Siapa bilang kita tidak sosialisasi, kita telah melakukan hal itu dengan cara mengirimkan surat kepada 250 sekolah dasar dan 10 Unit Pelaksana Tekhnis Dinas (UPTD) yang berisikan waktu pendaftaran.” kilahnya.

Sedang persyaratan pendaftaran siswa untuk sekolah RSBI sendiri kata dia, yakni dengan menunjukan buku raport dengan nilai rata-rata 7,2. “Karena sekolah ini berstandar internasional, makanya kita memberlakukan persyaratan diatas rata-rata, dan itu sesuai Juknis dari Direktorat.” paparnya.

Jumlah siswa yang akan diterima di SMPN I Kota Bekasi lanjut Kusmayadi, sebanyak 228 siswa dengan jumlah 9 kelas dan setiap kelasnya berjumlah 3 siswa.par

1 komentar:

  1. sdn jatimakmur 5 sampai sekarang belum mendapat pemberitahuan. Saya selaku orang tua murid sangat kecewa....

    BalasHapus