Halaman


Prabowo Subianto For Presiden

Sabtu, 27 Maret 2010

20 Persen/4.450 Siswa Tak Lulus Tryout UN, Hasil UN?


Ujian Nasional (UN) yang pada akhirnya tetap dilaksanakan walau mendapatkan gugatan dan penolakan diberbagai daerah pada tahun 2010 tetap menghadirkan berbagai kasus. Mulai dari pembocoran bahan ujian sampai dengan ulangan ujian dibeberapa wilayah.

Di Kota Bekasi, Walikota yang beberapa waktu lalu meninjau UN berharap, pelaksanaan ujian dapat berlangsung dengan aman dan tertib. Mochtar Mohamad menyatakan pelaksanaan ujian saat ini dilakukan secara serentak di seluruh daerah. Memang pelaksanaan UN sekolah dipercepat menjadi minggu ke-3 Maret 2010, 22-26 Maret 2010, berdasarkan Peraturan Meteri Pendidikan Nasional Nomor 74 dan 75 tahun 2009 tentang UASBN SD/MI serta ujian nasional SMP/MTs, SM PLB, SMA/MA, SMK Tahun Pelajaran 2009/2010.

“Alasan dipercepatnya pelaksanaan UN tahun ini, guna mengantisipasi banyaknya siswa yang gagal dalam UN Utama, sehingga perlu dipersiapkan UN Ulangan”, ujar walikota. Pelaksanaan UN tahun dipercepat dari pelaksanaan UN pada tahun-tahun sebelumnya yang biasanya diselenggarakan pada pertengahan bulan April. Dipercepatnya UN tahun ini, untuk memberikan kesempatan bagi siswa yang gagal dalam UN Utama, yang difasilitasi melalui UN Ulangan, yang akan dilaksanakan 4 minggu setelah UN Utama.

Dalam kesempatan terpisah Kepala Sekolah SMAN 1 Kota Bekasi Drs H Fatah Hidajat mengatakan, “Dengan segala persiapan yang telah kami lakukan, kami berharap, baik pelaksanaan maupun hasilnya nanti bisa memuaskan”, ujarnya. Sebelum UN sendiri sempat diadakan Try Out yang diikuti 22.285 siswa/siswi SMU dan SMK di Kota Bekasi.

Sekitar 4.450 siswa/siswi atau 20% siswa/siswi Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Kota Bekasi, Jawa Barat, dinyatakan tidak lulus dalam kegiatan `try out` Ujian Nasional (UN) 2010. Try out UN yang diselenggarakan serentak akhir Februari lalu. Kendati hasil try out belum menunjukkan hasil yang memuaskan, Disdik Kota Bekasi tetap optimistis tingkat kelulusan siswa SMA dan SMK pada UN yang berlangsung tanggal 22 hingga 24 Maret 2010 mencapai 99 persen.

Try out UN 2010 diikuti oleh 22.285 siswa kelas III SMA dan SMK negeri mau pun swasta di 12 Kecamatan Kota Bekasi. 11.085 diantaranya siswa SMA, dan 11.200 siswa SMK. Mayoritas siswa yang dinyatakan tidak lulus dalam try out, berasal dari sekolah swasta. Sejumlah mata pelajaran yang sulit dihadapi peserta adalah Matematika, Bahasa Inggris dan Geografi.

Di Kota Bekasi relatif aman dan kondusif pelaksanaan UN tahun pelajaran 2010. Tidak seperti daerah-daerah lain yang sejak jauh hari sudah beredar isu kebocoran soal UN. Bahkan ada pelaksanaan yang rencananya akan ada susulan. Don.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar